Diberdayakan oleh Blogger.

KITAB TERBESAR DIDUNIA YANG DITULIS OLEH SATU ORANG TERDIRI 800 JILID

Jumat, 04 April 2014

Al-Hafizh Dzahabi menjelaskan, "Di dunia ini tidak ada karya tulis yang diciptakan setara dengan kitab ini. Demikian diceritakan oleh orang yang baru melihat jilid keempat ratus sekian." Ibnu Rajab menjelaskan, "Sebagian orang mengatakan bahwa jumlahnya adalah 800jilid." (Buku Manajemen Waktu Para Ulama, hal 100)

Kitab ini berjudul "Al Funun" ditulis oleh Imam Abul Wafa' bin Aqil Al-Hanbali Ali binAqil Baghdadi atau yang dikenal dengan Ibnu Aqil. Dikomentari oleh Al Hafizh Ibnu Rajab dalam Dzailu Thabaqatil Hanabilah, secara ringkas biografi beliau sebagai berikut, "Beliau lahir 432H, dan wafat 513H. Beliau termasuk salah satu ulama utama, termasuk manusia cerdas, bahkan jenius yang sangat luas wawasanya dalam berbagai ilmu." (Ibnu Jauzi, Al-Muntazhim (IX: 92, 212-215).

Kitab ini memuat beragam pelajaran berharga terkait dengan Nasehat, Tafsir, Fiqh, Ushul Fiqh, ushuluddin, nawhu, bahasa arab, syair, tarikh, bahkan hikayat.

Disamping itu Abul Wawa' Ibnu Aqil menulis berbagai karya ilmiah lain yang beliau susun, jumlahnya sekita 20 Tulisan. Sebagiannya berjumlah sepuluh jilid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Most Reading